Program Fisioterapi Pada Sprain LCM Grade 2 & 3

SPRAIN GRADE 2 ATAU 3

Untuk sprain grade 2 dan khususnya 3, penting agar ujung ligament terlindungi dan menyembuhkannya tanpa terus terjadi gangguan. Panduan rehabilitasi untuk grade 2 atau 3 ligement collateral medial dapat menjadi 4 tahapan:

Tahap 1: Segera setelah cedera

Bertujuan : Kontrol pembengkakan, mempertahankan kemampuan untuk meluruskan lutut lebih dari 90 derajat, dan mulai melakukan strengthening exercise.

Durasi : 4 minggu

  • Istirahat dari semua kegiatan yang menimbulkan rasa sakit. Menggunakan crutches jika diperlukan,  dimulai dengan NWB kemudian partial weight bearing selama 2 minggu dan pada akhir minggu ke 4 lakukan jalan secara normal.
  • Memakai knee brace untuk melindungi ligament cruciatum medial. Lakukan terapi dingin dan kompresi. Dosis cold terapi 15 sampai 20 menit setiap 2 jam sekali untuk 2 bulan pertama dan secara bertahap mengurangi frekuensinya sampai 3 kali sehari selama seminggu.
  • Lakukan stretcheing pada hamstrings, quadriceps dan calf muscle tanpa menimbulkan rasa sakit.
  • Sports massage (gentle cross frictions) dapat dilakukan setelah 2 hari tetapi pada cedera yang parah diperbolehkan setelah satu minggu.
  • Apabila timbul rasa nyeri dapat di lakukan static quads dan hamstring exercises, double leg calf raises. Menjaga kebugaran aerobik dengan stationary cycle.

Tahap 2: Setelah 4 minggu

Bertujuan – Menghilangkan pembengkakan, full weight bearing pada cedera lutut, , full range of motion, meningkatkan  kekuatan lutut yang cedera seperti kuatnya lutut yang sehat.

Duration : 2 minggu.

  • Cold therapy dan kompresi secara kontinyu untuk untuk menghilangkan pembengkakan, terutama setelah latihan.
  • Strengthening exercises – static quadricpes contractions, half squats (both legs), step ups, hip raises, hamstring curls and single leg calf raises.
  • Apabila memungkin dapat mulai berenang  atau menggunakan stepper pada saat aerobik kebugaran.

Tahap 3: Setelah 6 minggu

Bertujuan : Full range of motion, strength, dapat kembali jogging dan 10 bulan dari cedera, kembali ke spesifik exercise.

Duration : 4 minggu

  • Terapi dingin secara kontinyu setelah sesi latihan. Memakai brace or support yang diperlukan. Sports massage techniques ke ligament 2 hingga 3 kali dalam satu minggu.
  • Strengthening exercises dengan meningkatkan intensitas dan latihan bergerak dua kali untuk satu kaki. Setelah 6 minggu, tidak terburu-buru mulai berjalan – tidak ada perubahan arah secara tiba-tiba. Setelah 8 minggu mulai berlari  miring, mundur sehingga setalah minggu ke 10 atlet dapat mulai mengubah arah pada kecepatannya.

Tahap 4: Setelah 10 minggu

Bertujuan : Dapat kembali secara penuh ke latihan olahraga secara spesifik dan kompetitif atanpa brace untuk support, strength dan mobility secara penuh.

Duration : 2 hingga 4 bulan.

  • Mengadakan pelatihan secara bertahap dan latihan lebih khusus, mengubah arah dan plyometric (hopping dan bounding) exercise.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: