Program Fisioterapi Pada Sprain LCM Grade 1

SPRAIN GRADE 1


Panduan rehabilitasi sprain ligament collateral medial grade 1 atau ringan, dibagi menjadi 4 tahap:

Tahap 1 : Segera setelah cedera

Bertujuan : untuk mengurangi pembengkakan (jika ada), memastikan lutut dapat diluruskan sepenuhnya dan dapat difleksikan lebih dari 90 derajat, dapat dimulai dengan strengthening exercise tanpa menimbulkan rasa sakit/nyeri.

Durasi : 1 minggu

  • Pada hari pertama dan kedua lakukan RICE
  • Lakukan streching quadricep dan hamstring tanpa menimbulkan rasa nyeri dan ditambah lakukan mobility exercise fleksi dan ekstensi lutut
  • Lakukan Static strengthening exercises tanpa menimbulkan rasa nyeri , jika memungkinkan lakukan dynamic strengthening exercises untuk quadriceps dan otot hamstring muscles
  • Teknik pijat olahraga dapat dilakukan mulai dari hari ke dua 2, khususnya pada ligament
  • Menjaga kebugaran aerobik dengan bersepeda dan melakukan terapi dingin setiap selesai sesi strengthening / stretching dan aplikasi US

Tahap 2 : Setelah 1 minggu

Bertujuan : Menghilangkan setiap pembengkakan secara penuh, dapat melakukan kembali full range of movement, kemudian melanjutkan strengthening exercise dan jogging secara pelan.

Durasi – 1 minggu.

  • Istirahat  dari kegiatan yang dapat menimbulkan rasa sakit, namun masih boleh melakukan jogging secara pelan selama tidak menyakitkan.
  • Lakukan terapi dingin dan kompresi 3 kali sehari selama 15 menit, terutama setelah latihan.Lanjutkan dengan latihan stretching dan penguatan dari fase 1.
  • Selain itu lakukan half squats, step ups, hip raises and hip strengthening exercises and single leg calf raises.
  • Cross friction massage dapat dilakukan.Menjaga kebugaran secara aerobic dengan bersepeda, stepping machine and gentle jogging.

Tahap 3: Setelah 2 minggu

Bertujuan : Menjaga full range of motion, dapat kembali melakukan lari dan beberapa latihan olahraga secara specific

Durasi : 2 minggu.

  • Terus menerapkan terapi dingin setelah latihan dan di lanjutkan dengan sport massage setiap 3 hari sekali, latihan stretching secara continyu, meningkatkan  dynamic strengthening exercises dengan teknik leg extension and leg curls exercises termasuk squats to horizontal.
  • Meningkatkan intensitas dan jumlah pengulangan angkat berat. Selain itu lakukan lari denagan meningkatkan kecepatan termasuk mulai berjalan miring dan mundur, meningkatkan kecepatan untuk mengubah arah.

Tahap 4: Setelah 4 minggu

Tujuan : Untuk mengembalikan ke olahraga secara penuh dengan latihan secara khusus dan kompetitif.

Durasi : 3 sampai 6 minggu.

  • Sports massage untuk otot di sekitarnya sebagai dilakukan tiap minggu. Strength training secara continyu seperti sebelumnya tetapi ditambah hopping and bounding exercises.
  • Atlet sekarang harus sudah siap secara bertahap untuk kembali ke latihan secara spesifik dan kompetitif.
  • Support lutut atau teknik strapping / taping dapat diberikan sebagai dukungan ekstra untuk kembali ke latihan penuh, akan tetapi tidak sampai menjadi ketergantungan dimana akan melemahkan sendi.menggunakan hanya sebatas untuk   membangun keyakinan.
  • Tujuan dari strapping adalah untuk memberikan support kepada ligament collateral lateral .Ini penting jika atlet memiliki lutut tidak stabil atau kelalaian dalam sendinya. Tape akan memberikan support. ini juga akan bermanfaat untuk melindungi area cidera ketika atlit akan kembali ke full fitness. Jangan digunakan tape apabila ragu terhadap cideranya atau mengapa taping digunakan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: