Polineuropati Diabetika

Polineuropati Diabetika merupakan komplikasi yang tersering pada penyakit Diabetes Melitus.Kelainan yang menandai polineuropati diabetika dimasukkan dalam ”tripati” yang meliputi neuropati,retinopati dan nefropati.Umumnya polineuropati diabetika terjadi setelah intoleransi glukosa yang cukup lama.

Polineuropati diabetika adalah sekumpulan gejala yang disebabkan oleh degenerasi saraf perifer atau otonom sebagai akibat penyakit diabetes melitus (Harsono,2005). Polineuropati diabetika juga dapat diartikan kerusakan syaraf secara simetrik dengan gangguan motorik,sensorik dan otonom yang lebih berat didistal daripada bagian proksimal badan,saraf otak dan SSP (Susunan Saraf Pusat) juga ikut terserang (Sastrodiwirjo,1986).

Histopati (tingkat kerusakan serabut saraf) bertahap dari neuropati,meliputi :

  • Neuropraksia   : kerusakan di selubung myelin.Kerusakan ini paling ringan dengan hambatan fungsi hanaran tanpa kehilangan kontinuitas.Pemulihan fungsi akan terjadi dalam waktu yang singkat,beberapa menit sampai beberapa minggu.
  • Aksonotmesis   : kerusakan di akson disertai degenerasi tanpa kerusakan.
  • Neurotmesis     : kerusakan serabut saraf secara total.Penyambungan ujung saraf dengan ujung dapat menghasilkan perbaikan sebanyak 50% dalam klinis.Keadaan regenerasi saraf tepi dapat ditentukan langsung dengan perkusi pada saraf yang bersangkutan.

Histopati dari polineuropati diabetika yaitu aksonotmesis.Hal ini terjadi akibat gangguan metabolisme fruktosa dan sorbitol yang terakumulasi di akson sehingga menyebabkan gangguan vascular di daerah yang terkena.Oleh sebab itu,polineuropati diabetika banyak ditemukan pada pasien yang mengalami intoleransi glukosa (insulin-dependent patient) (Lindsay,2005).

Kondisi neuropraksia dan aksonotmesis dapat ditangani secara konvensional sedagkan kondisi neurotmesis hanya dapat ditangani secara operatif (Sastrodiwirjo,1986).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: