Bekerja dengan ergonomis dikantor

Tubuh manusia tidak didesain untuk duduk dalam jangka waktu yang lama atau bekerja dalam posisi statis dalam jangka waktu yang lama, dimana bisa menyebabkan ketegangan otot yang kronis.Saat ini bekerja menuntut aktivitas yang banyak oleh karena itu dibutuhkan suatu desain kantor atau tempat kerja yang ergonomic untuk mencegah dan mengurangi resiko masalah kesehatan akibat pola dan tuntutan kerja saat ini. baca selengkapnya…

Ergonomik yang ideal ketika berada dikantor

  • Bekerja dikantor hendaklah memiliki ruang yang cukup luas, tidak terlalu sempit dan berantakan ini untuk memudahkan tubuh bergerak dalam beraktivitas, contohnya menggangkat telpon, memindahkan files ke almari dan lain-lain.
  • Letakan telpon berada diposisi tangan yang tidak dominant bekerja, ini untuk memudahkan tangan yang dominant bekerja untuk beraktivitas ketika tangan yang tidak dominant mengangkat telpon, memakai headsets atau earphone sangat berguna karena aktivitas tangan bisa bebas dan mencegah postur leher yang jelek.
  • Kegaduhan atau suara bising dari telpon, printer atau alat komunikasi kerja yang lain hendaklah diminimalkan.
  • Temperatur atau AC hendaklah dikontrol dengan baik.
  • Layar computer hendaklah sejajar dengan mata, sudut keyboard,  mudah dipindah-pindahkan, dan memiliki tempat untuk pergerakan mouse.
  • Layar computer hendaklah dipasang screens protection.
  • Posisi postur ketika duduk sebaiknya:kaki datar diatas lantai, sudut lutut 90 derajat, kursi memiliki sandaran yang menyangga kurve punggung bawah, pundak dalam posisi rileks, sudut siku 90 derajat, dan pergelangan tangan dalam posisi netral.
  • Pergelangan tangan hendaknya tidak berada dipinggir meja, tetapi bisa disangga telapak tangan atau alat penyangga pergelangan tangan.
  • Tempat document hendaklah diletakkan sejajar dengan mata untuk mencegah kelelahan otot-otot mata.
  • Posisikan kepala dalam keadaan netral.
  • Pekerja yang memakai kaca mata hendaklah memiliki kaca mata khusus untuk layar computer.
  • Hendaklah memiliki kursi kerja yang stabil, bisa dirubah ketinggiannya, memiliki roda, adanya sandaran untuk punggung bawah, tepi tempat duduk yang agak miring.
  • Hindari memakai arrnrest ketika bekerja untuk mencegah kelelahan pada pergelangan tangan dan sendi jari-jari.

Saran:

Setiap 50 menit duduk bekerja didepan computer, hendaklah lakukan istirahat selama 10 menit. Selama istirahat lakukan jalan disekeliling, lakukan olah raga ringan dengan penguluran otot-otot tubuh, berkumpul dengan rekan kerja yang lain, meminum kopi atau teh dan lain-lain.

Satu Tanggapan

  1. Tks mas, infonya bermanfaat. sedikit usul saja, mnurut sy akan jauh lbh informatif jika penjelasan2di atas disajikan secara lebih grafis.

    JAWAB:
    Terima kasih telah mampir dan atas sarannya..salam kenal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: