Bagaimana mengenal secara dini cerebral palsy.

Bagaimana mengenal cerebral palsy?

Sumber : disabled village children

Alih bahasa : S.Rujito, AMF

Tanda-tanda dini :

Ketika baru lahir bayi dengan cerebral palsy sering kali lemah dan terkulai, atau tidak nampak kenormalan.

dwe00211g01.gifdwe00211g02.gif

– Ketika bayi lahir tidak bernafas dengan  cara yang benar, dan mengalami perubahan warna menjadi biru dan terkulai, keterlambatan bernafas adalah tanda-tanda kerusakan pada otak.baca selengkapnya…

Keterlambatan berkembang, bandingkan dengan anak-anak desa yang normal, anak lambat dalam menegakkan kepala, untuk duduk, atau bergerak ke sekeliling.

dwe00211g03.gif

– Anak dengan tanda CP dia tidak menggunakan tangannya. Atau dia hanya menggunakan satu tangan dan tidak memulai untuk menggunakan dengan kedua tangannya.

dwe00211g04.gif

Problem dalam makan bayi memiliki kesulitan dengan menghisap, menelan, dan mengunyah. Bayi mudah tercekik dan tersumbat/muntah.Beberapa anak mengalami masalah makan lebih besar dan kontinyu.

 dwe00211g05.gif

– Mengalami kesulitan perawatan diri pada bayi dan anak-anak.Tubuh anak mengalami kekakuan ketika mengangkat, berpakaian atau mandi, atau selama bermain. Nanti anak-anak tidak mau belajar bagaimana makan atau berpakaian sendiri, untuk mandi, memakai toilet, atau bermain dengan anak-anak yang lain.ini memungkinkan tejadi kekakuan tubuh secara mendadak atau mengalami kelemahan ‘anak bisa jatuh dimana saja’.

dwe00211g06.gif

– Bayi bisa menangis dalam jangka waktu yang lama dan kelihatan rewel atau ‘lekas marah’. Atau bayi bisa sangat diam atau pasif dan bisa tidak pernah menangis atau tersenyum.

– Kesulitan berkomunikasi. Bayi tidak memiliki respon atau reaksi seperti bayi lakukan.sebagian disebabkan karena kelemahan, kekakuan atau kekurangan gerakan lengan, atau control otot muka. Juga anak mengalami keterlambatan dalam memulai berbicara. Nantinya anak mengalami perkembangan ketidakjelasan berbicara atau kesulitan berbicara.

dwe00211g07.gif

Sebagian orang tua mengalami kesulitan untuk mengetahui secara tepat keinginan anak, mereka mencari cara bagaimana memahami keinginan anak. Pada awalnya anak akan menangis ketika meminta sesuatu, dengan memberi tanda dengan tangan, kaki atau mata.

– Kecedasan, beberapa anak kelihatan  bodoh karena mereka lemah, pincang dan lambat dalam bergerak. Yang lain kadang bergerak sangat cepat dan janggal mereka kelihatan bodoh.wajah mereka aneh atau mereka banyak mengeluarkan air liur karena ada kelemahan otot-otot wajah atau kesulitan dalam menelan. Ini bisa menyebabkan intelegensi anak kelihatan mengalami keterlambatan mental.

Tentang sebagian anak dengan CP mengalami keterbelakangan mental, tetapi ini jangan didiagnosa  terlalu didini. Anak membutuhkan bantuan dan latihan untuk memperlihatkan bagaimana seharusnya anak.

Orang tua bisa memberi pengertian bahwa anak mampu melakukan lebih dalam segala hal.
dwe00211g08.gif

– Sesuai dengan (epilepsy, seizures, convulsions) terjadi pada beberapa anak dengan cerebral palsy.

     – Gangguan tingkah laku mendadak mengalami  perubahan perasaan dari ketawa ke menangis, ketakutan, dan gangguan tingkah laku yang lain yang dinampakkan. Ini berakibat rasa frustasi pada anak karena tidak bisa melakukan apa yang dia inginkan dengan tubuhnya. Kerusakan otak mempengaruhi tingkah laku.

   – Sensasi sentuhan, nyeri, panas, dingin dan posisi tubuh tidaklah hilang.Anak memilki gangguan control gerak pada tubuh mereka dan gangguan dengan keseimbangan. Karena mereka mengalami kerusakan otak, mereka mengalami kesulitan belajar tentang berbagai hal.

   – Ketidaknormalan refleks. Bayi pasti memilki ‘refleks dini’ atau gerak tubuh otomatis yang normal dapat bergerak pada minggu atau bulan pertama kehidupannya.

3 Tanggapan

  1. lintas dulu, kelak akan kubaca-baca

    JAWAB:
    Terima kasih mas…saya tunggu baca-bacanya

  2. tHx Informasinya…………………

  3. Assalamualaikum…
    Minta ijin donlod ya…
    Anak saya kata dokter kena CP, jadi sbg bahan referensi
    Makasih.

    JAWAB:
    Wa’alaikumussalam…
    Silahkan mengambil materi diwebblog saya, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: