Latihan sederhana pada saat dalam perjalanan by S.Rujito, AMF

Latihan sederhana saat anda dalam perjalanan 

Semua orang pasti pernah melakukan perjalanan baik dengan mengendarai bus, kereta api maupun pesawat terbang, bagaimana yang anda rasakan ketika dalam perjalanan yang jauh, pasti anda merasakan rasa capek, pegal-pegal, kesemutan ,kram otot dan lain-lain dan yang paling dirasakan adalah pegal pada pinggang bawah karena selalu duduk dalam keadaan statis selama beberapa jam, ada beberapa tips atau cara latihan secara sederhana selama dalam perjalanan.baca selengkapnya…

 1.Latihan membungkuk/seated flexion

Latihan ini dilakukan dengan cara :

– Posisi             :  duduk

– Teknik           : membungkukan punggung sambil kedua tangan kanan dan kiri memegang   mata kaki, rasakan tarikan/peregangan otot-otot punggung.

– Durasi            : tahan selama 15 detik dengan 3 kali pengulangan.

2.Latihan lutut ke dada/knee to chest

Latihan ini dilakukan dengan cara :

– Posisi             : duduk

– Teknik           :  pegang lutut kanan dengan kedua tangan dan punggung dalam keadaan tegak kemudian tarik lutut keatas sampai menyentuh  dada, rasakan tarikan/peregangan otot-otot pantat.Lakukan secara bergantian lutut kanan dan kiri.

-Durasi             : tahan 15 detik dengan 3 kali pengulangan.

3.Latihan penguluran tungkai secara menyilang/Cross leg stretch

– Posisi             : duduk

– Teknik           : pegang lutut kanan dengan kedua tangan dan punggung dalam keadaan tegak kemudian tarik ke atas secara menyilang sampai menyentuh dada/perut sebelah kiri, lakukan secara bergantian kanan dan kiri, rasakan peregangan otot paha bagian bawah dan otot-otot pantat.

-Durasi             : tahan 15 detik dengan 3 kali pengulangan.

4.Latihan back extention.

-Posisi              : duduk

-Teknik            : letakan kedua tangan dibelakang kepala kemudian gerakan punggung kearah depan sampai maksimal, rasakan peregangan pada otot-otot punggung.

-Durasi             : tahan 15 detik dengan 3 kali pengulangan.

5.Latihan memutar punggung/lateral trunk rotation

-Posisi              : duduk

-Teknik            : gerakan pinggang dengan cara memutar tubuh kearah belakang, rasakan peregangan pada otot-otot pinggang pada sisi yang berlawanan, lakukan secara bergantian kanan dan kiri.

-Durasi             : tahan 15 detik dengan 3 kali pengulangan.

6.Latihan Pelvic tilt

-Posisi              :duduk

-Teknik            : dorong pinggang bawah kearah depan, seperti gerakan menahan kencing, rasakan ketegangan otot-otot pantat dan pinggang bawah.

 -Durasi            : tahan 15 detk dengan 3 kali pengulangan.

7.Latihan penguluran hamstring dan gastrocnemius

-Posisi              : duduk

-Teknik            : luruskan tungkai kanan kemudian tangan kanan sebisa mungkin meraih kaki sehingga anda merasakan ada tarikan/peregangan pada otot betis dan otot paha bagian bawah, lakukan secara bergantian tungkai kanan dan kiri.

-Durasi             : tahan 15 detik dengan 3 kali pengulangan.

Saran               : – pada saat duduk letakkan kain atau handuk kecil pada kurve pinggang bawah agar terjadi posture yang benar

                            – pakailah pakaian yang nyaman, tidak panas dan mudah menyerap keringat.

                              lakukan jalan/ berdiri minimal tiap 1 jam sekali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: