Tonus otot (bag.7)

Apabila otot normal yang istirahat dipalpasi, dapat dirasa bahwa otot tersebut sama sekali tidak flaksid tetapi mempunyai regangan tertentu. Ini juga impresi yang diperoleh saat otot tersebut secara pasif digerakkan. Keadaan ini disebut tonus otot atau tonus istirahat. Pada berbagai keadaan patologis tonus yang normal ini berubah. Kadang-kadang meningkat (hipertonus), dan pada keadaan lain berkurang (hipotonus). Klinis, tonus otot diperiksa dengan palpasi dan gerak pasif. Bagaimanapun juga, pada kedua metode pemeriksaan tersebut terdapat bukti ada dua komponen tonus otot. Sehingga tidak jarang terlihat, misalnya pada hemiplegia kapsular, tonus otot pada palpasi menurun (konsistensi otot berkurang), sedangkan pada gerak pasif tampak meningkat, karena resistensi terhadap gerakan lebih besar daripada normal.baca selengkapnya…

Resistensi otot karena digerakkan secara pasif secara prinsip dapat disebabkan oleh dua faktor: yaitu sifat viskoelastik otot itu sendiri dan tegangan yang diakibatkan oleh kontraksi.Kedua fkator tentu saja sama pentingnya, tetapi kontribusi mereka masing-masing jelas berbeda pada berbagai macam keadaan. Dari penelitian binatang yang dideserebrasi terbukti bahwa tonus otot terutama disebabkan oleh refleks, yang disebabkan oleh aliran impuls yang berkesinambungan dari muscle spindle, yang mengaktivasi . motoneuron. Meskipun demikian, hasil ini sulit diterapkan pada manusia pada keadaan sadar. Mereka mungkin paling relevan untuk otot yang menjaga posisi tegak, yang memperlihatkan aktivitas berkesinambungan atau intermiten pada orang yang berdiri dengan relaks (misalnya, beberapa ekstensor punggung, m. psoas major, dan m. soleus; kebanyakan otot lain tidak menunjukkan aktivitas EMG pada posisi ini).

Dengan demikian, konsistensi otot mungkin tergantung tidak hanya kepada aktivitas otot yang sedang berlangsung, tetapi juga oleh berbagai sifat ototnya itu sendiri.   Oleh karena . motoneuron dapat mengubah sensitivitas spindle, mereka penting untuk tonus otot. Aktivitas . yang meningkat mengatur spindle pada tingkat yang lebih aktif, sehingga dapat meningkatkan tonus otot ekstrafusal.   Pada saat gerakan dilaksanakan, inervasi . penting dalam menentukan keadaan otot yang akan dipakai dan ia aktif dalam mengendalikannya, sedangkan . motoneuron bertanggung jawab terhadap kontraksinya sendiri. Kerjasama . dan . neuron pada pelaksanaan gerak banyak diteliti.   Tampaknya, sistem saraf pusat mampu mengendalikan statik dan dinamik . dan . neuron secara sendiri-sendiri. Sampai seberapa jauh kendali sentral ini dimediasi oleh lintasan terpisah tidak diketahui, tetapi berbagai struktur tertentu terlihat terutama mempengaruhi satu jenis neuron fusimotor. Dengan demikian, stimulasi bagian medial formatio reticularis menyebabkan meningkatnya sensitivitas statik spindle, sedangkan stimulasi bagian lateral menyebabkan peningkatan aktivitas dinamik.  
Faktor lain yang mempengaruhi stretch reflex dan tonus otot adalah organ tendon. Pada peregangan dan terutama kontraksi otot, reseptor ini terstimulasi. Aferennya tidak langsung ke motoneuron, tetapi melalui interneuron, yang mengirimkan impulsnya ke . motoneuron.Fungsi organ tendon diduga mencegah kontraksi berlebihan dan untuk pengerem dan pada saat yang sama memfasilitasi antagonis. Selain itu juga ada yang untuk eksitasi motoneuron sinergis dan inhibisi antagonis. Jadi fungsinya lebih kompleks sebagai tambahan dari organ tendon, ada mekanisme lain yang cenderung untuk menghambat aktivitas motoneuron yang tereksitasi, yaitu inhibisi Renshaw. Hal ini berdasar pengamatan fisiologis. Impuls motoneuron melalui kolateral di cornu anterius merangsang sel Renshaw yang pada gilirannya akan menghambat motoneuron.

About these ads

2 Tanggapan

  1. dipalpasi itu apa ya?

    JAWAB:
    Palpasi adalah salah satu cara pemeriksaan dengan cara diraba, disentuh, dipegang.

  2. mo nanya’… apa si sebenarnya aktivitas otot itu?

    JAWAB:
    Aktivitas otot adalah berkontraksi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: