Cerebral Palsy

Sumber : bobath center dot com

Alih bahasa : S.Rujito, AMF

 dwe00211g20.gif

Apa  itu Cerebral Palsy?

Cerebral palsy adalah bukan suatu penyakit atau keadaan sakit, ini adalah kecacatan fisik yang disebabkan oleh keruskan otak yang bisa terjadi selama hamil, pada saat persalinan atau setelah beberapa hari bayi lahir.Ada banyak sebab cerebral palsy termasuk karena infeksi selama bayi dalam kandungan seperti cacar, persalinan yang sulit, kerusakan genetic, perdarahan didalam otak bayi, atau bentuk dan ukuran otak bayi yang tidak normal .baca selengkapnya… 

Penelitian belum menemukan penyebab dan kondisi yang akurat dan menyeluruh, dimana terdapat gangguan pada susunan saraf pusat .Kerusakan otak bukan hanya berakibat pada keadaan fisik anak, tetapi  bisa berakibat pada pandangan, persepsi, pendengaran dan kelambatan dalam pembelajaran, beberapa anak juga menderita epilepsy.Kecacatan fisik berakibat pada daya interaksi anak-anak dan daya menjelajah dunia. Ini juga bisa berakibat pada kemampuan anak-anak dalam belajar dan perkembangan intelegensi, ini semua bisa diminimalkan apabila diberikan penanganan yang tepat.

Keistimewaan Cerebral Palsy

Banyak anak-anak dengan cerebral palsy memiliki salah satu dari spastisitas atau athethosis atau kombinasi dari keduanya.

Anak-anak dengan spastisitas atau hypertonus merasakan kekakuan dan kesulitan dalam bergerak, dan otot-otot mereka tidaklah lemah.Beberapa gerakan bisa dilakukan tetapi memilki variasi yang terbatas.Keterbatasan ini menghambat keikutsertaan anak-anak dalam melakukan berbagai aktivitas. Kadang-kadang menyebabkan kesulitan bagi anak-anak untuk mengontrol dirinya apabila jatuh ketika kehilangan keseimbangan.

Anak dengan athethosis melakukan banyak gerakan. Mereka memiliki kesulitan dalam mengontrol gerakan atau menjaga postur mereka.

Pendekatan Bobath

Pendekatan bobath bertujuan untuk menangani anak-anak dengan cerebral palsy dengan penemu dan dikembangkan oleh Dr Karel dan Berta Bobath.Di mulai pada tahun 1940-an, bobath konsep dikenal dan diterapkan pada banyak negara sebagai pendekatan yang pertama.

Tujuan utama dari treatment adalah mendorong dan meningkatkan kemampuan anak-anak untuk bergerak dan memungkinkan melakukan fungsi secara normal. Lebih banyak gerakan tidak bisa diperoleh apabila anak berada dalam beberapa posisi dan terjadi keterbatasan gerak atau ketidakmampuan cara.Tujuan dari penanganan adalah membantu anak untuk merubah ketidaknormalan postur dan gerakannya maka anak harus mampu beradaptasi secara nyaman terhadap lingkungannya dan mengembangkan kemampuan fungsi dirinya menjadi lebih baik.

2 Tanggapan

  1. Assalamualaikum, saya sudah 11 tahun bersama special needs children. Berbagai masaalah anak-anak yang saya lihat dan rawat. Ini termasuk anak-anak yang mengalami masaalah Cerebral Palsy. Anak-anak Cerebral Palsy juga mengalami swallowing problem, yang mana air liur mereka sentiasa meleleh. Kalau di Brunei, rawatan yang kami berikan selain Physiotherapy, ialah melalui ubat-ubatan seperti Baclofen. Selain Physiotherapist, Occupational Therapist dan Speech & Language Therapist juga memainkan peranan dalam membantu anak-anak Cerebral Palsy. Saya bukan doktor atau physiotherapist, saya cuma seorang jururawat. Di Brunei, setengah anak-anak Cerebral Palsy juga berpeluang ke sekolah, mereka menggunakan laptop yang di bekalkan oleh para dermawan.

    JAWAB:
    Wa’alaikumussalam, Terima Kasih buat kakak Khadijah atas sharingnya disini, semoga bermanfaat.

  2. BUTUH INFORMASI CEREBRAL PALSY YANG LEBIH BANYAK

    JAWAB:
    InsyaAlloh akan saya posting lebih banyak lagi, terima kasih.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: